Tips Membeli Bahan Bangunan

Tips Membeli Bahan Bangunan

Apakah sekarang ini anda sedang bingung mencari bahan bangunan yang akan digunakan untuk renovasi rumah? Bila ya, tentunya Anda mencari material bahan bangunan dengan harga yang paling murah, kualitasnya tinggi, serta banyak mempunya banyaj pilihann. Untuk orang yang masih awam, hal ini sangat membingungkan. Apabila Andalah salah satu yang merasa bingung, coba simak informasi dari saya berikut ini sebelum berangkat membeli bahan bangunan.

4 Tips Dalam Membeli Bahan Bangunan

Membeli bahan bangunan memiliki keseruan yang sama seperti saat anda membeli maupun berbelanja baju di pusatnya perbelanjaan. Anda memanglah diharuskan untuk mengetahu tips-tips berikut ini sebelum akhirnya Anda beranjak pergi membeli bahan bangunan yang dibutuhkan.

Menghitung Apa Saja Yang Dibutuhkan dan Melakukan Pengukuran

Sebelum Anda berada di toko bangunan, langkah pertama Anda yaitu menghitung secara lengkap semua rincian-rincian keperluan dari bahan bangunan Anda. Seperti apa cara untuk menghitungnya?

Pertama-tama, anda harus mengukur terlebih dulu pada area rumah tinggal yang akan Anda bangun ataupun renovasi. Misalnya saja, lakukanlah pengukuran pada titik luas lantai rumah yang akan dipasang keramik atau misalnya lagi mengukur dengan tepat luas dari dinding yang akan anda cat.

Kemudian, jangan sampai melupakan pentingnya melihat gambar dari arsitek yang peranya sangat besar dalam menentukan bahan material yang sesuai digunakan pada spesifikasi rumah tinggal Anda. Tanpa melakukan pengukuran dan perhitungan yang akurat, sangat besar resiko terjadi pemborosan.

Bandingkan Harga Material Dari Beberapa Toko

Ada banyak sekali berdiri toko bangunan di dekat tempat tinggal anda, bagaimana dalam menentukan toko yang sesuai dengan kantong dan kebutuhan renovasi Anda? Buatlah sebuah daftar toko bangunan kemudian lakukanlah riset kecil dengan menelepone toko-toko yang sudah ada di dalam daftar Anda.

Tanyakanlah berapa masing-masing harga bahan material bangunan yang sedang anda perlukan dan tanyakan juga mengenai ketersediaan bahan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa lebih menghemat waktu ketika survey. Pastnya anda tidakingin kan sudah jauh-jauh mendatangi toko bangunan, namun di toko bahan bangunan materialnya tidak ada atau bisa saja ternyata harga disana tidak sesuai ekspetasi?

Pilihlah Toko Bangunan Yang Paling Direkomendasikan

Trik ini masih ada kaitanya dengan poin yang kedua. Memilih sebuah toko bangunan yang direkomendasikan merupakan salah satu kunci dari keberhasilan proyek bangun maupun renovasi pada rumah Anda. Anda dapat membeli sumber bahan-bahan bangunan yang berasal dari toko bangunan, agen bahan material, distributor hingga supplier.

Ada banyak sekali tempat serta lokasi toko bahan-bahan bangunan yang menjual dengan harga yang miring dibandingkan tempat yang lainnya. Bilamana Anda berencana membeli bahan-bahan bangunan seperti jenis pasir, semen, besi tulangan, keramik lantai ataupun bata hebel (bata ringan). Belilah bahan tersebut pada agen-agen terprcaya karena harga jualnya bisa lebih murah & kualitasnya juga tidak lagi diragukan.

Beda lagi kasusnya apabila cat dinding yang ingin anda beli. Anda bisa membeinya dengan harga yang sedikit lebih murah apabila membelinya di toko khusus penjualan cat. Untuk bagiankusen jendela & pintu rumah, sebaiknya Anda membeli kebutuhan tersebut di toko bangunan yang jaraknya dekat dari rumah Anda. Gunanya,jika saja terjadi kesalahan kecil atau fatal pada saat pemasangan kusen, maka bisa segera diperbaiki karena jarak yang dekat

Lalu, di mana sebaiknya anda tempat membeli kebutuhab semen, besi, cor beton dan juga hebel? Agen bahan bangunan yang besar bisa menjadi pilihan utama karena harga disana relatif lebih murah. Apalagi pada harga ready mix per m3 tentu ada selisih yang cukup banyak dari toko bangunan biasa. Dalam hal memilih tempat untuk membeli bahan-bahan bangunan, hindarilah toko-toko bangunan yang kecil disana harga jualnya lebih mahal, kualitas bahan kurang bagus, dan jarang menyediakan stok dalam jumlah besar.

Pilih Bahan Bangunan Yang Daya Tahanya Bagus

Ada beberapa merk bahan bangunan dari jenis semen dan pasir, tidak mempunyai daya tahan yang bagus. Semen secara sengaja maupun tidak yang terkena air bisa hancur dengan mudah dan material pasir yang terkena air akan menjadi basah. Untuk sebab itulah, penting sekali dalam memperhatikan tempat yang digunakan untuk menyimpan bahan-bahan bangunan. Tempat penyimpanan yang tidak terkena air dan kondisi udaranya normal sangat membantu menjaga daya tahan dari bahan bangunan.

Kini Anda sudah memahami beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli bahan bangunan. Semoga tips di atas bermanfaat. Selamat berbelanja!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

css.php
Skip to toolbar