Proses Kayu Trembesi Dijadikan Furnitre

Furniture terbuat dari berbagai jenis kayu, setiap kayu memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Furniture sendiri merupakan salah satu perabot yang dibutuhkan untu mengisi rumah dengan berbagai manfaat tergantung jenisnya, tak terkecuali dengan jenis meja.

Meja sendiri ada beberapa jenis diantaranya :

  1. Meja makan
  2. Meja belajar
  3. Meja untuk ruang tamu

Disini kita akan bahas meja secara umum yang terbuat dari kayu trembesi yang ilmunya saya dapat dari pemilik furniture jepara. Meja trembesi dikenal dipasaran lebih terjangkau dibanding dengan meja yang terbuat dari kayu jati, namun meja dari material utama kayu trembesi memiliki nilai seni yang sangat tinggi mengingat serat yang ada pada kayu ini cukup kasar, sehingga dalam proses pembuatan furniture yang tadinya kayu utuh menjadi sebuah meja memiliki tingkat keistimewaan tersendiri. Jika ingin mengetahui bagaimana prosesnya, simak penjelasannya dibawah ini :

  1. Mula-mula kayu trembesi utuh di potong sesuai ukuran yang akan dijadikan furniture.
  2. Setelah itu kayu trembesi diberi olesan yang terbuat dari bahan cairan kimia agar kayu terlihat mengkilat
  3. Lalu dikeringkan dengan cara di oven hingga mengering
  4. Jika kayu yang akan dijadikan meja ini ingin diberi ukiran, maka perlu berhati-hati dalam memahat mengingat mengukir dikayu trembesi tidak semudah mengukir pada kayu jati karena serat dan tekstur kayunya yang kasar, sehingga perlu kejelian dan ketelitian dalam proses mengukir. Apabila dalam proses pengukiran dilakukan dengan sembarangan maka kayu trembesi bisa pecah dan akan merusak furniture.

Meski tidak sekuat dan tidak semahal meja jati, meja trembesi lebih banyak diminati karena memiliki corak warna dengan perpaduan yang khas, yaitu adanya warna coklat muda, coklat tua, kuning, dan sedikit kehitam-hitaman yang memberi kesan natural, mewah dan elegan. Semakin familiarnya furniture dari kayu trembesi berimbas dengan harga pasaran yang menjanjikan, karena tingkat permintaan funiture terutama meja meroket tajam, biasanya meja trembesi ini banyak dipesan para pelaku usaha makanan seperti kafe dan restoran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

css.php
Skip to toolbar