Berbagai Macam Mesin Percetakan yang Ada pada Jasa Percetakan

Ketika Anda datang ke suatu jasa percetakan mungkin Anda akan penasaran ada mesin apa saja. Apalagi jika percetakan itu berada di pusat kota, maka bisa dipastikan mesin yang digunakan lebih banyak. Contohnya percetakan surabaya yang memiliki mesin-mesin lebih lengkap untuk memberikan pelayanan kepada para pelanggannya.

Setiap produk yang dicetak selalu menggunakan mesin yang berbeda-beda. Mesin untuk mencetak banner tentunya juga berbeda dengan mesin yang digunakan untuk mencetak brosur. Jadi, memang ada banyak mesin yang disesuaikan dengan kebutuhan dan layanan dari jasa percetakan tersebut.

Macam-Macam Mesin Percetakan Surabaya

1.     Mesin Offset

Mesin cetak yang satu ini biasanya lebih difungsikan untuk mencetak produk dalam jumlah yang sangat banyak dengan waktu yang relatif lebih singkat. Jarang sekali mesin ini digunakan untuk mencetak produk yang berjumlah sedikit. Anda bisa mencetak berbagai ukuran kertas dengan Mesin Offset ini mulai dari A3 sampai paling besar A0.

Pencetakan dalam jumlah yang sangat banyak akan membuat biaya pengeluaran juga semakin sedikit.

2.     Mesin Digital Offset

Berbeda dengan mesin offset, mesin digital offset memiliki ukuran yang jauh lebih kecil seperti mesin fotocopy. Namun secara fungsi sama saja dengan mesin offset yaitu mencetak produk dalam jumlah banyak dengan waktu yang singkat. Ada beberapa produk yang biasanya bisa dicetak dengan mesin ini seperti Tag, Poster, Kartu Nama dan lain-lain.

3.     Mesin Digital Plotter

Kemudian, ada juga mesin digital plotter. Mesin ini memiliki ciri khas ukurannya yang sangat besar sekali. Dari ukuran yang sangat besar, Anda sudah bisa menyimpulkan bahwa mesin ini juga lebih diperuntukan untuk produk berukuran besar seperti banner, spanduk dan lain-lain.

Mesin ini sebenarnya juga dibagi menjadi dua jenis yaitu mesin outdoor dan mesin indoor. Mesin outdoor memiliki ukuran yang jauh lebih besar mulai dari 3,5 meter sampai 5 meter. Tentunya fungsinya juga untuk produk berukuran besar seperti banner acara baliho, spanduk khusus outdoor dan lain-lain.

Kemudian, jenis indoor yang memiliki ukuran di bawah mesin outdoor. Tapi berbeda mesin indoor ini terletak pada kualitas hasil cetakan. Visualisasi jarak dekat menghapuskan kualitas yang lebih tinggi agar terlihat sempurna. Mesin ini biasa menggunakan bahan seperti Albatros, Stiker dan bahan khusus indoor lainnya.

4.     Mesin Flatbed

Mesin flatbed ini cenderung digunakan untuk mencetak pada bahan yang tebal dan keras. Mesin ini memanfaatkan teknologi sinar UV untuk mengeringkan tinta lebih cepat. Ketika Anda datang ke percetakan, mesin ini lebih digunakan untuk mencetak pada bahan atau media seperti Kayu, Mug, Akrilik, Piring, Meja, Botol dan media keras lainnya.

5.     Mesin Flexography

Ketika berada di suatu tempat Anda pastinya sering melihat berbagai perlengkapan dengan gambar yang bermacam-macam. Untuk bisa memberikan gambar tersebut, biasanya percetakan akan menggunakan mesin flexography. Mesin ini sangat bermanfaat untuk mencetak berbagai bahan atau media.

Anda bisa mencetak sestau pada kantong plastik, karung, karton dan lain-lain dengan menggunakan mesin ini. Biasanya disaat jasa percetakan mendapatkan pesanan dari para pemilik usaha rumahan yang memesan branding produk, maka akan menggunakan mesin ini. Branding itu bisa diletakan pada packing kardus, kantong plastik dan lain-lain.

6.     Mesin Gravure

Lalu ada juga mesin gravure yang memiliki fungsi seperti mengukir pada benda-benda yang keras seperti akrilik, keramik, kayu dan lain-lain. Biasanya mesin ini akan bekerja dengan baik dalam membuat plakat yang diukir. Selain itu juga bisa untuk mengukir pada media lain yang ingin di desain menarik.

Setelah tahu beberapa mesin percetakan di atas, sekarang Anda tidak akan penasaran lagi ketika datang ke percetakan surabaya. Tentunya produk yang akan Anda pesan akan dikerjakan sesuai dengan jenis mesin dimiliki jasa percetakan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

css.php
Skip to toolbar